Kenapa Februari Hanya 28 Hari

By | December 2, 2021

Kenapa Februari Hanya 28 Hari. Dari situ, februari dipilih sebagai bulan dengan jumlah hari genap sebanyak 28 hari. Fenomena unik 28 hari ini bermula dari kalender romawi di masa pemerintahan raja romulus, seorang raja terkenal bangsa romawi yang menetapkan berbagai hal untuk pertama kalinya.

Alasan Kenapa Bulan Februari hanya Memiliki 28 Hari
Alasan Kenapa Bulan Februari hanya Memiliki 28 Hari from www.indozone.id

Kemudian februari dipilih jadi bulan dengan jumlah 28. Padahal bulan lain, seperti januari, juli, atau november memiliki jumlah hari antara 30 atau 31 hari. Kaisar agustus mengambil 1 hari dari bulan februari lalu dipindahkan ke bulan agustus.

Dari Situ, Februari Dipilih Sebagai Bulan Dengan Jumlah Hari Genap Sebanyak 28 Hari.

Menjawab hal tersebut, astronom amatir marufin sudibyo mengungkapkan bahwa alasan 28 hari di februari dikarenakan faktor sejarah romawi. Nah, itulah sebabnya kenapa bulan februari sampai saat ini hanya punya 28 hari, atau 29 hari pada tahun kabisat. Sebab, februari memiliki jumlah hari yang lebih pendek dibandingkan bulan lainnya.

Termasuk Dengan Cerita Mengapa Februari Tak Sama Dengan Bulan Lainnya.

Seolah nggak mau repot, kaisar agustus mengambil 1 hari dari bulan februari lalu dipindahkan ke bulan agustus. Hitungan bulan dan hari pada kalender matahari memang banyak mengalami perubahan karena alasan politik dan juga agama. Alasan kenapa bulan februari hanya 28 hari, dan kadang 29 hari adalah karena pada sejarahnya bulan setelah februari yaitu maret adalah bulan awal tahun di romawi, tempat dimana asal hitungan bulan masehi bermula.

Hampir Setiap Bulan Memiliki 29 Atau 31 Hari Karena Angka Genap Dianggap Sial, Dan Tahun 354 Hari Tidak Dapat Diterima.

Padahal bulan lain, seperti januari, juli, atau november memiliki jumlah hari antara 30. Kaisar agustus mengambil 1 hari dari bulan februari lalu dipindahkan ke bulan agustus. Kalender ini kemudian dinamakan kalender julian.

Februus Atau Februa Atau Februarius (Februari) Yaitu Bulan Perayaan Ritual Pemurnian Di Romawi Yang Dirayakan Setiap Tanggal 15.

Untuk mencapai 355 hari ini, digunakan sistem penanggalan 29 hari dan 31 hari. Seperti diketahui, ada satu bulan yang hanya berjumlah 28 hari, yaitu februari. Padahal bulan lain, seperti januari, juli, atau november memiliki jumlah hari antara 30 atau 31 hari.

Nah, Itulah Sebabnya Kenapa Bulan Februari Sampai Saat Ini Hanya Punya 28 Hari, Atau 29 Hari Pada Tahun Kabisat.

Ahli menyebutkan bahwa alasan bulan februari hanya berjumlah 28 hari dikarenakan faktor sejarah kerajaan romawi. Dikutip dari encyclopedia britannica , februari dipilih sebagai bulan dengan jumlah angka genap karena bangsa romawi melakukan ritual penghormatan pada. Penetapan kalender masehi tidak terlepas dari kisah masa kerajaan romawi di masa pemerintahan julius caesar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.