Kenapa Harus Ada Qiyas

By | March 29, 2022

Kenapa Harus Ada Qiyas. Ijtihad yang ada nash dzanni, adalah untuk menentukan apa yang harus kita pahami dan untuk mengetahui apakah itu ‘am atau khas. Jika telah diyakini benar tidak ada nash yang dimaksud barulah dilakukan qiyas.

KENAPA HARUS ADA RPP? TRUELIVESTREAMING YouTube
KENAPA HARUS ADA RPP? TRUELIVESTREAMING YouTube from www.youtube.com

Maka dari itu, allah menghadirkan hukum islam yang bisa dijadikan pedoman serta pegangan umat islam. Adapun qiyas maka ‘illat ditetapkan di situ dan jangkauannya ke hukum cabang adalah yang menjadikan qiyas itu ada. Adapun qiyas dilihat dari segi kejelasan illat hukum yakni qiyas jaly dan qiyas kahfi.

Mereka Juga Membuat Definisi Lain, Qiyas Adalah Menyamakan Sesuatu Yang Tidak Ada Nash Hukumnya Dengan Sesuatu Yang Ada Nash Hukumnya Karena Adanya Persamaan Illat Hukum.[16] Dengan Demikian Qiyas Itu Penerapan Hukum Analogi Terhadap Hukum Sesuatu Yang Serupa Karena Prinsip Persamaan Illat Akan Melahirkan Hukum Yang Sama Pula.

Adapun qiyas maka ‘illat ditetapkan di situ dan jangkauannya ke hukum cabang adalah yang menjadikan qiyas itu ada. Sebab ini tidak lain ada pada selain qiyas. Apakah ada nash yang dapat dijadikan dasar untuk menetapkan hukum dari peristiwa atau kejadian.

Harus Ada Dalil Atau P…

Qiyas juga dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan keserasian illat dengan hukum. Qiyas menempati urutan keempat diantara hujjah syar’iyah yg ada, dengan catatan, jika tidak dijumpai hukum atas kejadian itu berdasarkan nash atau. Jika menghadapi masalah yang berhubungan dengan fiqih, maka yang pertama harus mencari hukumnya.

Golongan Pertama Menyatakan Bahwa Qiyas Merupakan Ciptaan Manusia, Yaitu Pandangan Para Mujtahid.sebaliknya Menurut Golongan Kedua, Qiyas Merupakan Ciptaan Syari’, Yakni Merupakan Dalil Hukum Yang Berdiri Sendiri Atau Merupakan Hujjat Illahiyah Yang Dibuat Syari’ Sebagai Alat Untuk Mengetahui Suatu.

Sumber hukum islam di indonesia sendiri hanya terdiri dari 4 sumber saja, yaitu alquran, hadis, ijma dan qiyas. Maka dari itu, allah menghadirkan hukum islam yang bisa dijadikan pedoman serta pegangan umat islam. Harus ada kolerasi (hubungan yang sesuai) antara hukum dengan sifat yang menjadi ‘illat.

Ada Ulama Yang Tidak Keberatan Dengan Adanya Nash Yang Bersesuaian Dengan Furu’, Karena Dalam Pandangannya, Tidak Ada Halangan Untuk.

Maqis alaihi (tempat menqiyaskan sesuatu kepadanya). Ijtihad yang ada nash dzanni, adalah untuk menentukan apa yang harus kita pahami dan untuk mengetahui apakah itu ‘am atau khas. Dan kalau dia ‘am apakah dia masih tetap ‘am atau mutlaq atau mukayyad.

Sedangkan Jika Didasarkan Pada Metode Yang Digunakan Maka Ada Qiyas Ikhalah, Qiyas Shabah, Qiyas Sabru, Dan Juga Qiyas Thard.

Karena itu tugas pertama yang harus dilakukan oleh seorang yang akan melakukan qiyas, ialah mencari: Apakah ada nash yang dapat dijadikan dasar untuk menetapkan hukum dari peristiwa atau kejadian. Demikian juga dengan diisyaratkannya harus tidak ada nash yang berlawanan dengannya, karena kalau ada nash, maka tentu ketentuan hukum dalam nash itulah yang harus lebih didahulukan dari qiyas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.