Kenapa Ijma Dan Qiyas Masuk Dalam Sumber Hukum Islam

By | April 19, 2022

Kenapa Ijma Dan Qiyas Masuk Dalam Sumber Hukum Islam. Para ulama ushul fiqih mendefinisikan qiyas dalam redaksi yang. Agar lebih paham, simak penjabaran tentang sumber hukum islam yang dihimpun dari berbagai sumber berikut ini.

Download Kitab Hadits 9 Imam
Download Kitab Hadits 9 Imam from id.scribd.com

“ putuskanlah (perkara itu) menurut hukum yang ada dalam kitab allah, kalau tidak ada (dalam alquran), maka putuskanlah sesuai dengan hukum yang. Sumber hukum islam, artinya sesuatu yang menjadi pokok dari ajaran islam. Ijma maupun qiyas kemudian melengkapi sumber hukum selain al quran dan al hadits.

Al Ijma’ Fis Syari’ah Al Islamiyyah, Rusydi ‘Ulyan, Majalah Univeritas Islam Madinah (Tahun 10, Edisi 1) Al Ushul Min ‘Ilmil Ushul, Muhammad Bin Shalih Al ‘Utsaimin, Dar Ibnul Jauzi, 1426H

Dilansir dari berbagai sumber, jauh sebelum ijma dan qiyas diterapkan. Dan yang tepat disebut sebagai sumber. Karena kelompok minoritas yang tumbuh setelah terjadinya kesepakatan untuk menerima ijma’ menjadi sumber.

Hal Demikian Ini Apabila Pada Suatu Peristiwa Itu Tidak Ada Ketepatan Hukumnya Yang Berdasarkan Nash Atau.

Padahal pengertian sumber itu adalah segala sesuatu yang diambil atau digali darinya. Jika sudah terjadi kemufakatan atas suatu hukum, maka sudah barang tentu ada dalil (alasan) yang menjadi sandarannya, sebab tidak masuk akal kalau para ulama. Sumber hukum islam yang sudah disepakati oleh para ulama dan semua mahzab ada empat.

Sumber Hukum Islam Ketiga Adalah Ijma.

Sumber hukum dalam islam, ada yang disepakati (muttafaq) para ulama dan ada yang masih dipersilisihkan (mukhtalaf). Jumhur ulama sepakat bahwa qiyas merupakan hujjah syariyyah dan termasuk sumber hukum yang keempat dari sumber hukum yang lain. Kedudukan qiyas lebih lemah daripada ijma.

Sumber Hukum Dalam Islam — Referensi:

Agar lebih paham, simak penjabaran tentang sumber hukum islam yang dihimpun dari berbagai sumber berikut ini. Sementara ijma’ dan qiyas kayaknya ga semua hal diambil atau digali darinya, justru ijma dan qiyas dipakai atau digunakan untuk menggali hukum islam dari sumbernya. Apabila tidak terdapat hukum dalam suatu masalah baik dengan nash ataupun ijma’ dan yang kemudian ditetapkan hukumnya dengan cara analogi dengan persamaan illat maka berlakulah hukum qiyas dan.

Apabila Tidak Terdapat Hukum Dalam Suatu Masalah Baik Dengan Nash Ataupun Ijma’ Dan Yang Kemudian Ditetapkan Hukumnya Dengan Cara Analogi Dengan Persamaan Illat Maka Berlakulah Hukum Qiyas Dan.

Jumhur ulama kaum muslimin sepakat bahwa qiyas merupakan hujjah syar’i dan termasuk sumber hukum yang keempat dari sumber hukum yang lain. Diperkirakan kemunculan kedua sumber hukum ini adalah pada masa kepemimpinan abu bakar, umar bin khattab, dan di masa kepemimpinan utsman bin affan. Sumber hukum islam, artinya sesuatu yang menjadi pokok dari ajaran islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.