Kenapa Mahalul Qiyam Harus Berdiri

By | April 23, 2022

Kenapa Mahalul Qiyam Harus Berdiri. Berdiri menghormati sesuatu sebenarnya sudah menjadi kebiasaan atau tradisi bangsa indonesia. Para ahli fikih berasumsi bahwa berdiri untuk menghormati rasulullah saw.

Tradisi Mahallul Qiyam dan Berdiri Ketika Mendendangkan
Tradisi Mahallul Qiyam dan Berdiri Ketika Mendendangkan from harakah.id

Hal ini ia alami selama satu tahun. Di sekitarnya terdapat 70 ribu malaikat berbaris melayaninya. Biasanya kita membaca sholawat mahalul qiyam ini di di pertengahan pembacaan maulid dan dilakukan sambil berdiri.

Mahallul Qiyam, Menghadirkan Nabi Dalam Doa.

Habib syech mahalul qiyam dengan teks b arab youtube. Di sekitarnya terdapat 70 ribu malaikat berbaris melayaninya. “kamu tidak akan bisa berdiri” saat ia bangun dari tidurnya, ternyata ia dalam keadaan duduk dan tidak mampu berdiri.

Hal Ini Sebagaimana Disebutkan Syaikh Abu Bakr Syatha Dalam Kitab I’anatut Thalibin Berikut;

Kemudian muhammad saw melewati aku, namun aku tetap duduk, tak beranjak berdiri untuk menghormatinya. Mahalul qiyam, sesuai namanya adalah momentum orang berdiri setelah sebelumnya duduk pada forum pembacaan maulid barzanji. Ya rasulullah, aku telah mel ihat seorang malaikat di langit sedang berada di atas singgasananya.

Mahalul Qiyam Sebenarnya Bermakna Saat Berdiri, Karena Akan Membaca Sholawat, Ya Nabi Salam.

Akhirnya allah swt pun menghukum dengan mematahkan kedua sayap malaikat itu dan membuangnya di gunung qof. Sebagian dari kita mungkin pernah bertanya mengapa saat sampai pada bagian mahalul qiyam harus berdiri. Sebuah perjalanan besar kanjeng baginda nabi besar muhammad saw menuju ke langit.

Tujuan Berdiri Ini Adalah Untuk Menghormati Dan Mengagungkan Rasulullah Saw.

Lirik mahalul qiyam simtudduror sempat sangat terkenal di kanal youtube lare gintung lor cirebon. Berdirinya para jemaah dari duduknya itu khususnya ketika sampai pada bagian mahalul qiyam. Sebagian dari kita mungkin pernah bertanya mengapa saat sampai pada bagian mahalul qiyam harus berdiri.

Aktivitas Berdiri Ketika Mahallul Qiyam Lebih Didorong Oleh Akhlak Umat Terhadap Nabinya.

Biasanya kita membaca sholawat mahalul qiyam ini di di pertengahan pembacaan maulid dan dilakukan sambil berdiri. Di tengah pembacaan maulid diba’ atau berzanji, ada ritual berdiri yang disebut mahallul qiyam atau “srokalan”, kata orang jawa menyebutnya. Bukankah nabi saw adalah manusia yang teragung yang lebih layak di hormati dari pada yang lain???

Leave a Reply

Your email address will not be published.